Lisensi



Mari kita buat ini menjadi sederhana: kecuali dinyatakan berbeda, semua materi di blog ini menggunakan lisensi Creative Commons dengan ketentuan Atribut-Nonkomersial (CC BY-NC).

Anda bebas untuk:
  • Membagikan — menyalin dan mendistribusikan ulang materi yang ada ke medium atau format apa pun;
  • Mengadaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi yang ada untuk kepentingan apa pun, kecuali kepentingan komersial.

Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sejauh Anda mematuhi ketentuan sebagai berikut:
  • Atribut — Anda harus mencantumkan kredit yang sesuai dan menyatakan apabila melakukan pengubahan atas materi yang Anda ambil.
  1. Untuk tulisan, pastikan judul dan nama penulis dicantumkan dengan benar. Perlu juga menyertakan tautan ke laman yang dimaksud dan lisensi yang digunakan.
    Contoh: Tulisan oleh Gigip Andreas, sebelumnya dimuat di gipsterya.com dengan lisensi CC BY-NC.
  2. Untuk ilustrasi, secara umum blog ini hanya memakai dari Unsplash (lihat lisensi Unsplash di sini) atau buatan sendiri. Untuk selain dari Unsplash (keterangan tercantum pada takarir gambar), pastikan atribut yang tepat diberikan kepada ilustrator, menyediakan tautan pada sumber karya, serta lisensi yang dipakai.
    Contoh: Ilustrasi oleh Gigip Andreas, sebelumnya dimuat di gipsterya.com dengan lisensi CC BY-NC.
  3. Untuk audio dan video yang disematkan di dalam tulisan, seluruh hak cipta dan lisensi dipegang penuh oleh kanal/pemilik materi. Blog ini hanya menyiarkan tanpa mengambil alih hak cipta ataupun lisensi dari materi yang disematkan.
  • Nonkomersial — Anda tidak dapat menggunakan materi ini untuk kepentingan komersial.

Untuk keterangan lebih lanjut sila kirim surel ke [email protected].